Biografi Singkat SANG PENAKLUK
KONSTATINOPEL
Sultan Muhammad II ini dilahirkan
pada 29 Maret 1432 Masehi di Adrianapolis (perbatasan Turki – Bulgaria).
menaiki tahta ketika berusia 19 tahun dan memerintah selama 30 tahun (1451 –
1481), beliau dijuluki dengan al-Fatih (sang pembuka/penakluk) dan Abul Khoirat
(Suka berbuat kebaikan).[10]
Beliau memimpin Daulah Utsmaniyyah
setelah wafat ayahnya sulthan Murad II pada tanggal 16 Muharram tahun 855
Hijriyyah atau bertepatan pada 18 Februari 1451 Masehi. Usia beliau saat itu 19
tahun. Beliau seorang sultan yang kuat dan adil, pemberani, tawadhu’ dan tekun
beribadah kepada Allah Ta’ala. Sejak masa pubernya sudah mampu mengungguli
tema-teman sebayanya atau orang-orang dewasa saat itu dalam berbagai bidang
ilmu. Sangat perhatian kepada rakyat dan bala tentaranya. [11]
Sejak kecil, beliau di didik secara
intensif oleh para ulama’ terkemuka di zamannya. Diantara gurunya adalah Muhammad
bis Ismail al -Qourani al-Kurdi. Dibawah bimbingannya, Muhammad belajar dengan
giat dan hafal al-Quran sejak usia dini. Di zaman ayahnya, yaitu Sultan Murad
II, Sultan Murad II telah menghantar beberapa orang ulama’ untuk mengajar
anaknya (Sultan Muhammad Al-Fatih), tetapi oleh Sultan Muhammad Al-Fatih
menolaknya. Lalu, dia menghantar Asy-Syeikh Al-Kurani dan memberikan kuasa
kepadanya untuk memukul Sultan Muhammad Al-Fatih jika beliau membantah perintah
gurunya. Ia juga mengaji berbagai macam disiplin ilmu kepada Syekh Aaq
Syamsuddin (Samsettin). Namanya yang sebenar ialah Muhammad bin Hamzah
Ad-Dimasyqi Ar-Rumi yang mana nasabnya sampai kepada Saidina Abu Bakar
As-Siddiq RA. Asy-Syeikh Aaq Samsettin (Syamsuddin) merupakan murabbi Sultan
Muhammad Al-Fatih yang hakiki. Dia mengajar Amir Muhammad ilmu-ilmu agama
seperti Al-Qur”an, hadits, fiqih, bahasa (Arab, Parsi dan Turki), matematika,
falak, sejarah, ilmu peperangan dan sebagainya, Syeikh Aaq Syamsudin lantas
meyakinkan Amir Muhammad bahwa dia adalah orang yang dimaksudkan oleh
Rasulullah Shallallahu ”Alaihi Wasallam di dalam hadits pembukaan
Kostantinopel.[12]
Syaikh Aaq SYamsuddin bukan hanya
pakar dalam bidang ilmu agama, beliau juga pakar dalam bidang pengobatan.
Sehingga imam asy-Syaukani mengatakan :
وصار مع كونه طبيباً للقلوب طبيباً
للأبدان فإنه اشتهر أن الشجرة كانت تناديه وتقول: أنا شفاء من المرض الفلاني ثم
اشتهرت بركته وظهر فضله
“ Beliau selain seorang dokter bagi
hati, belaiau juga seorang dokter bagi tubuh, karena telah tersohor / terkenal
bahwa pohon seolah memanggilnya dan berkata, “ Aku adalah obat bagi penyakit
fulan “, kemudian tersohor lah keberkahan dan tampaklah keutamaannya “[13]
Semenjak kecil, Sultan Muhammad
Al-Fatih telah mencermati usaha ayahnya menaklukkan Konstantinopel. Bahkan
beliau mengkaji usaha-usaha yang pernah dibuat sepanjang sejarah Islam ke arah
itu, sehingga menimbulkan keinginan yang kuat baginya meneruskan cita-cita umat
Islam. Ketika beliau naik tahta pada tahun 855 H/1451 M, dia telah mulai
berpikir dan menyusun strategi untuk menawan kota bandar tadi.[14]
Asy-Syaukani rahimahullah mengatakan
tentang sultan Muhammad :
محمد خان بن مراد خان بن محمد خان بن
بايزيد خان بن اورخان ابن عثمان الغازى سلطان الروم وابن سلاطينها ولد سنة 836 ست
وثلاثين وثمان مائة وهو الذي أسس ملك بنى عثمان وقرر قواعده ومهد قوانينه وهو الذي
افتتح القسطنطينة الكبرى وساق إليها السفن برا وبحرا وكان فتحها في يوم الأربعاء
من جمادى الآخرة سنة 857 واستقر بها هو ومن بعده من السلاطين وبنى بها المدارس
الثمان المشهورةوكان مائلا إلى العلماء مقربا لهم يخلطهم بنفسه ويأخذ عنهم في كل
علم ويحسن إليهم ويستجلبهم من الأقطار النائية ويراسلهم ويفرح إذا دخل إلى مملكته
واحد منهم وله معهم أخبار مبسوطة في الشقائق النعمانية عند ذكر علماء دولته وتوفي
سنة 886 ست وثمانين وثمان مائة
“ Muhammad khan bin Murad khan bin Muhammad Khan Bayazid Khan
bin Uru Khan bin utsman al-Ghazi. Beliau seorang sultan Romawi putra para
sultan, dilhairkan tahun 836 Hijriyyah. Beliaulah yang membangun Bani
Utsman dan menetapkan kaidah dan perundangangannya. Beliau juga lah yang
menaklukkan Konstantinopel besar, dengan menggiring kapal-kapal baik secara
daratan maupun lautan. Penaklukkannya terjadi pada hari Rabu Jumadil Akhir 857
H. beliau dan sultan setelahnya menetap di sana, membangun delapan madrasah
yang terkenal. Beliau selalu condong pada ulama, mendekati mereka dengan
sendirinya. Mengambil setiap ilmu dari para ulama, berbuat baik pada mereka,
sering berkorespondensi dengan para ulama dari berbagai daerah, dan bahagia
jika ada satu ulama yang datang ke kerajaannya. Beliau memiliki sejarah yang
luas di berbagai kitab sejarah khususnya dalam kitab asy-Syaqai an-Nu’maniyyah
ketika menyebutkan ulama daulahnya. Beliau wafat tahun 886 H. “[15]
Firasat ulama.
Syeikh Bayram mengatakan sekiranya
mahu berjaya menawan Kota
Konstantinopel tuanku pastikan
dahulu tentera dan rakyat tuanku juga baik. Apabila pemimpim baik, tentera baik
dan rakyat baik barulah hadis Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam akan menjadi
kenyataan. Sultan Murad agak terkejut mendengarnya tapi mengakui kebenaran
kata-kata tersebut.
Syeikh Bayram mengatakan, “
Mengikut firasat saya yang dikurniakan Allah, bukan tuanku menawan
konstantinopel tetapi putera tuanku “. Sultan Murad terkejut kerana beliau
tidak memiliki anak. Namun Syeikh Bayram mengatakan tuanku akan mendapat
seorang anak yang baik seperti yang dimaksudkan oleh hadis Rasulullah S.hallahu
‘alaihi wa sallam.[16]
Syaikh Aaq Syamsuddin (Samsettin)
mengatakan dalam khutbahnya di hadapan sultan Muhammad al-Fatih dan pasukannya
:
ياجنود
الاسلام. اعلموا واذكروا أن النبي قال في شأنكم: (لتفتحن القسطنطينية فلنعم
الأمير أميرها ولنعم الجيش ذلك الجيش. ونسأل الله سبحانه وتعالى أن يوفقنا ويغفر
لنا. ألا لاتسرفوا في ما أصبتم من أموال الغنيمة ولاتبذروا وأنفقوها في البر
والخير لأهل هذه المدينة، واسمعوا لسلطانكم وأطيعوه وأحبوه.
“ Wahai prajurit Islam, ketahuilah
dan ingatlah bahwa Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda mengenai
urusan kalian, Kota Konstantinopel akan jatuh
ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan
pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan “, aku
memohoh kepada Allah Ta’ala agar memberikan kita taufiq dan mengampuni dosa
kita. Jangan lah kalian berlebihan dari harta ghanimah yang akan kalian
peroleh, jangan berbuat mubadzir, infaqkanlah dalam kebaikan bagi penduduk kota
tersebut. Ta’atlah kepada sulthan kalian dan cintailah ia “.
Kemduian syaikh menoleh kepada
sultan Muhammad dan berkata :
ياسلطاني
، لقد أصبحت قرة عين آل عثمان فكن على الدوام مجاهداً في سبيل الله
, “ Wahai sultanku, engkau telah
menjadi penyejuk mata bagi keluarga Utsman, teruslah berjihad di jalan Allah “.[17]
Setelah kelak sultan Muhammad
berhasil menaklukkan Konstantinopel, beliau mengatakan kepada pasukannya :
إنكم ترونني فرحاً . فرحي ليس فقط
لفتح هذه القلعة إن فرحي يتمثل في وجود شيخ عزيز الجانب، في عهدي، هو مؤدبي
الشيخ آق شمس الدين
“ Sesungguhnya kalian melihatku bergembira. Kegembiraanku bukan
hanya karena menaklukkan kota ini, sesungguhnya kegembiraanku karena wujudnya
seorang syaikh mulia di masaku ini di sampingku ini, beliau seorang murabbi dan
pendidikku yaitu syaikh Aaq Syamsuddin “[18]
Penyerangan ke Konstantinopel.
Hari Jumat, 6 April 1453 M, Muhammad
II bersama gurunya Syeikh Aaq Syamsudin, beserta tangan kanannya Halil Pasha
dan Zaghanos Pasha merencanakan penyerangan ke Konstantinopel dari berbagai
penjuru benteng kota tersebut. Dengan berbekal 250.000 ribu pasukan dan meriam
-teknologi baru pada saat itu- Para mujahid lantas diberikan latihan intensif
dan selalu diingatkan akan pesan Rasulullah Shallallahu ”Alaihi Wasallam
terkait pentingnya Konstantinopel bagi kejayaan Islam.[19]
Muhammad II mengirim surat kepada
Paleologus untuk masuk islam atau menyerahkan penguasaan kota secara damai dan
membayar upeti atau pilihan terakhir yaitu perang. Constantine menjawab bahwa
dia tetap akan mempertahankan kota dengan dibantu Kardinal Isidor, Pangeran
Orkhan dan Giovani Giustiniani dari Genoa.
Setelah proses persiapan yang
teliti, akhirnya pasukan Sultan Muhammad Al-Fatih tiba di kota Konstantinopel
pada hari Kamis 26 Rabiul Awal 857 H atau 6 April 1453 M. Di hadapan
tentaranya, Sultan Al-Fatih lebih dahulu berkhutbah mengingatkan tentang
kelebihan jihad, kepentingan memuliakan niat dan harapan kemenangan di hadapan
Allah Subhana Wa Ta”ala. Dia juga membacakan ayat-ayat Al-Qur”an mengenainya
serta hadis Nabi Shallallahu ”Alaihi Wasallam tentang pembukaan kota
Konstantinopel. Ini semua memberikan semangat yang tinggi pada bala tentera dan
lantas mereka menyambutnya dengan zikir, pujian dan doa kepada Allah Subhana Wa
Ta’ala.[20]
Kota dengan benteng 10 m tersebut
memang sulit ditembus, selain di sisi luar benteng pun dilindungi oleh parit
7m. Dari sebelah barat pasukan artileri harus membobol benteng dua lapis, dari
arah selatan Laut Marmara pasukan laut Turki harus berhadapan dengan pelaut
Genoa pimpinan Giustiniani dan dari arah timur armada laut harus masuk ke selat
sempit Golden Horn yang sudah dilindungi dengan rantai besar hingga kapal
perang ukuran kecil pun tak bisa lewat.[21]
Trik dan strategi yang luar biasa.
Hingga akhirnya sebuah ide yang
terdengar bodoh dilakukan hanya dalam waktu semalam. Salah satu pertahanan yang
agak lemah adalah melalui Teluk Golden Horn yang sudah dirantai. Ide tersebut
akhirnya dilakukan, yaitu dengan memindahkan kapal-kapal melalui darat untuk
menghindari rantai penghalang, hanya dalam semalam dan 70-an kapal bisa
memasuki wilayah Teluk Golden Horn (ini adalah ide ”tergila” pada masa itu
namun Taktik ini diakui sebagai antara taktik peperangan (warfare strategy)
yang terbaik di dunia oleh para sejarawan Barat sendiri).[22] Sehingga berkata
salah seorang sejarawan :
ما
رأينا ولا سمعنا من قبل بمثل هذا الشيء الخارق، محمد الفاتح يحول الأرض الى بحار
وتعبر سفنه فوق قمم الجبال بدلاً من الأمواج، لقد فاق محمد الثاني بهذا العمل
الأسكندر الأكبر
“ Kami sebelumnya tidak pernah
melihat dan mendegar perkara yang luar biasa ini. Muhammad al-Fatih merubah
bumi menjadi lautan dan kapal-kapalnya telah berjalan melewati pegunungan
tinggi sebagai ganti dari ombak lautan. Sungguh Muhammad II ini telah
mengungguli al-Iskandar al-Akbar dengan usahanya itu “.[23]
Kemudian sultan Muhammad membangun
benteng kuat di sekitar pinggiran kota Konstantinopel untuk mempersiapkan
strategi berikutnya. Dan beliau mulai menyerang musuh dari daratan maupun
lautan siang dan malam dengan berbagai peralatan perang tanpa henti, sehingga
musuh menjadi lemah. Pasukan sultan Muhammad mengepung dari berbagai titik
tempat.
Berhari-hari hingga berminggu-minggu
benteng Byzantium tak bisa jebol, kalaupun runtuh membuat celah maka pasukan
Constantine langsung mempertahankan celah tersebut dan cepat menutupnya
kembali. Usaha lain pun dicoba dengan menggali terowongan di bawah benteng di
berbagai titik tempat yang menembus dalam kota. Usaha ini tidak mudah, karena
tercium juga oleh pasukan musuh, sehingga tatkala beberapa pasukan sultan
Muhammad sudah memasuki jalur kota melalui terowongan tersebut, tiba-tiba pasukan
musuh menembakinya dengan bom dan mengurup kembali lubang tersebut, sehingga
tidak sedikit pasukan sultan Muhammad yang tewas di dalamnya. Usaha ini terus
dilakukan di beberapa tempat lainnya hingga cukup menimbulkan kepanikan musuh
di dalam kota tersebut, sehingga mereka bingung, panic sampai mereka berkhayal
bahwa suara gerakan kaki mereka ketika berjalan dikira suara galian tanah dari
pasukan sultan Muhammad al-Fatih. Mereka khawatir bahwa pasukan sultan Muhammad
muncul secara tiba-tiba dari bawah tanah di hadapan mereka di berbagai tempat
dalam kota tersebut. Mereka seperti orang mabok, padahal mereka sadar dan tidak
mabok.[24]
Kemudian sultan Muhammad membuat
staretgi unik lagi untuk menyerang pasukan musuh yaitu dengan membuat benteng
terbuat dari kayu, berbentuk tiga sudut putaran yang tinggi dan dapat bergerak.
Benteng tersebut dilapisi besi baja yang basah agar terhindar dari panasnya
api. Benteng itu disiapkan dengan bebarapa pasukan di setiap sudut putarannya.
Yang berada di sudut putaran yang atas, terdiri dari pasukan pemanah yang siap
memanah. Benteng bergerak ini berjalan hingga mendekati pagar-pagar musuh dan
terjadilah perperangan dahysat. Berhari-hari beliau melakukan stretegi
tersebut. [25]
Sultan Muhammad terus memberi
semangat jihad kepada para komando perangnya, dalam khutbahnya beliau
mengatakan :
إذا تم لنا فتح القسطنطينية تحقق فينا
حديث من أحاديث رسول الله ومعجزة من معجزاته وسيكون من حظنا ما أشاد به هذا الحديث
من التمجيد والتقدير فأبلغوا أبناءنا العساكر فردا فردا ، أن الظفر العظيم الذي
سنحرزه سيزيد الإسلام قدرا وشرفا ، ويجب على كل جندي أن يجعل تعاليم شريعتنا
الغراء نصب عينيه فلا يصدر عن أحد منهم ما يجافي هذه التعاليم ، وليتجنبوا الكنائس
والمعابد ولا يمسوها بأذى….
“ Jika telah sempurna penaklukan Konstantinopel ini bagi kita,
maka nyatalah sudah hadits Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam, dan mu’jizat dari
mu’jizat beliau, maka menjadi salah satu keberuntungan kita mendapatkan pujian
dan rekoemndasi hadits ini. Oleh sebab itu, sampaikan pada putra-putra
prajuritt kita masing-masing , bahwasanya kemenangan agung yang akan kita jaga
akan menambah kemuliaan Islam. Dan wajib bagi setiap prajurit untuk menjadikan
ta’lim syare’at suci kita ini di depan matanya, jangan sampai salah satu dari
mereka mengesampingkan ta’lim ini. Dan menjauhi gereja serta kuil-kuil agar
tidak menggangunya…”[26]
Pada tanggal 20 Jumadil Ula tahun
857 H bertepatan tanggal 29 May 1435 Masehi pukul 01 pagi hari Selasa, Pasukan
sultan Muhammad terus mengepung dan menyerang musuh, hingga Kemudian para
mujahidin diperintahkan supaya meninggikan suara takbir kalimah tauhid sambil
menyerang kota tersebut. Tentara Utsmaniyyah akhirnya berhasil menembus kota
Konstantinopel melalui Pintu Edirne dan mereka mengibarkan bendera Daulah
Utsmaniyyah di puncak kota. Kesungguhan dan semangat juang yang tinggi di
kalangan tentara Al-Fatih, akhirnya berjaya mengantarkan cita-cita mereka.[27]
Di tengah-tengah kota, sultan
Muhammad al-Fatih sambil menunggangi kudanya berseru kepada pasukannya :
لقد أصبحتم فاتحي القسطنطينية الذي أخبر
عنهم رسول الله
“ Sungguh kalian hari ini telah
berhasil menaklukkan Konstantinopel yang telah Nabi shallahu ‘alaihi w aslalam
kabarkan “
Beliau memberikan tahniah / ucapan
selamat kepada pasukannya dan melarang membunuh tawanan, memrintahkan bersikap
lemah lembut dan berbuat baik pada mereka, kemudian beliau turun dari kudanya
dan bersujud syukur kepada Allah Ta’ala sebagai rasa syukur, pujian dan rendah
hati kepada Allah Ta’ala.[28]
Beliau kemudiannya menuju ke Gereja
Aya Sofya yang ketika itu menjadi tempat perlindungan sejumlah besar penduduk
kota berkenaan. Ketakutan jelas terbayang di wajah masing-masing bilamana
beliau menghampiri pintu. Salah seorang paderi telah membuka pintu gereja, dan
Al-Fatih meminta beliau supaya menenangkan sekalian mereka yang ada. Dengan
toleransi Al-Fatih, ramai yang keluar dari tempat persembunyian masing-masing
bahkan ada di kalangan paderi yang terus menyatakan keislaman mereka.
Selepas itu, Sultan Muhammad
Al-Fatih telah mengarahkan supaya gereja berkenaan ditukar menjadi masjid
supaya Jumaat pertama nanti akan dikerjakan solat di masjid ini. Para pekerja
bertugas bertungkus lumus menanggalkan salib, patung dan gambar-gambar untuk
tujuan berkenaan. Pada hari Jumaat itu, Sultan Muhammad Al-Fatih bersama para
muslimin telah mendirikan solat Jumaat di Masjid Aya Sofya. Khutbah yang
pertama di Aya Sofya itu telah disampaikan oleh Asy-Syeikh Ak Semsettin. Pada
hari itu juga Sultan Muhammad Al-Fatih telah bersumpah bahawa barangsiapa yang
menukar Masjid Aya Sofya kembali kepada gereja, maka akan berolehlah kutukan
dan laknat darinya dan Tuhan Masjid Aya Sofya itu.
Hagia
sohia yang dirubah dan dijadikan Masjid oleh sultan Muhammad al-Fatih, foto
dari Tampak Luar
Setelah itu, Sultan membebaskan
Serbia pada tahun 1460 dan Bosnia pada tahun 1462. Seterusnya Sultan
membebaskan Italia, Hungaria, dan Jerman. Pada puncak kegemilangannya, Sultan
Muhammad memerintah di 25 Negeri. Kemudian Sultan membuat persiapan untuk
membebaskan Rhodesia. Tapi sebelum rencana itu terlaksana Sultan
meninggal dunia karena diracun oleh seorang Yahudi bernama Maesto Jakopa.
Sultan Muhammad wafat pada 3 Mei 1481 ketika berusia 49 tahun.
Untuk memperingati jasanya, Masjid
Al Fatih telah dibangun di sebelah makamnya.
Masjid
al-fatih
Disebutkan oleh syaikh Nashir
al-Fahd :
نه بعد فتحه للقسطنطينية سنة 857 هـ،
كشف موقع قبر (أبي أيوب الأنصاري) رضي الله عنه وبنى عليه ضريحاً، وبنى بجانبه
مسجداً وزين المسجد بالرخام الأبيض وبنى على ضريح أبي أيوب قبة
“ Sesungguhnya ia setelah
berhasil menaklukkan Konstantinopel tahun 857 H, ia menyingkap (menemukan)
makam sahabat Abu Ayyub al-Anshari radhiallahu ‘anhu dan membangun dharih
(kuburan tinggi) dan membangun masjid di samping makamnya, menghiasi masjid
tersebut dengan marmer putih, dan membangun kubah di atas kuburan Abu Ayyub “[29]
Qubah makam Abu
Ayyub al-Anshari ra.
Ditulis oleh: Ibnu Abdillah
Al-Katibiy & Shofiyyah an-Nuriyyah
1 comment:
not bad...
Post a Comment